Resep Cara Gampang Membuat Kue Jajanan Pasar Lupis



Resep Cara Gampang Membuat Kue Jajanan Pasar Lupis.

Kue lupis atau kue lopis adalah jajanan pasar nusantara yang termasuk ke dalam kategori kue basah, memang keberadaannya lebih sering ditemani oleh kue-kue basah seperti canil, bugis, dsb.  Sedangkan asal mula Kue lupis yang merupakan jajanan tradisional belum diketahui pasti. Ada orang yang mengatakan kue lupis lahir dari kuliner Betawi, namun di Jawa Tengah dan Timur kue ini banyak dihidangkan saat acara syukuran. 

Kue Lupis terbuat dari bahan dasar ketan, dipadu dengan kelapa parut serta gula jawa (gula merah) yang dicairkan sebagai pemberi rasa manis pada kue lupis ini. Berikut Resep Cara Gampang Membuat Kue Jajanan Pasar Lupis:


Bahan-bahan yang harus disiapkan:
15 porsi

  • 500 gr Beras Ketan (Rendam Selama 30 Menit)
  • Sejumput Garam
  • 1 Biji Kelapa Parut yang Sudah di bersihkan kulitnya
  • Daun Pisang dipanasi pakai api biar lemas.
Bahan untuk saus gula merah:
  • 200 gr Gula Merah
  • 100 gr Gula Putih
  • 1 ikat Daun Pandan



Langkah-langkah pembuatan jajanan pasar kue lupis:

  1. Rendam beras ketan selama 30 menit atau lebih, pokoknya diatas 30 menit biar hasilnya kenyal (ini menurut saya)
  2. Setelah direndam dan dicuci bersih, masukan kedalam daun pisang yang dicetak, untuk cara memasukan beras ketan ke daun pisang silahkan bentuknya bisa segitiga atau segi empat panjang.
  3. Setelah itu rebus daam air setengah mendidih, tunggu hingga 4 jam kalau air berkurang tambahkan lagi, tunggu hingga benar-benar matang.
  4. Sambil menunggu matang ketan, buat saus gulanya, rebus gula putih hingga larut lalu masukan gula merah yang sudah diiris-iris. Tidak diiris sebetulnya tidak apa-apa  tapi waktu meleleh jadi lebih lama, lalu masukan pandan rebus hingga air gula mengental. Kalau males nunggu masukkan. Satu sendok tepung maizena yang sudah dicairkan lalu masukan ke rebusan gula aduk2 hingga mengental.
  5. Setelah 4 jam dan benar2 matang angkat dan tunggu hingga dingin agar  tidak hancur atau tidak  lengket sekali.
  6. Sambil menunggu dingin, kukus kelapa parut dan tambahkan garam sedikit saja aduk-aduk hingga rata. Kukus hingga benar2 matang agar lupis tahan lama. Kukus selama 15 menit hingga kelapa agak kering, jangan sampai terlalu lama karena bisa merubah warna jadi coklat.
  7. Setelah itu buka bungkusnya lalu taburi kue lupis dengan kelapa parut.
  8. Tambahkan saus gula merah diatasnya.
  9. Hidangkan.